TEKNIK OLAH RAGA SKIPPING

 

          
         Setelah mengetahui pengertian dan sejarah dari olahraga skipping, artikel ini akan membawa Grameds mengetahui teknik yang layak digunakan untuk olahraga skipping. Latihan lompatan menjadi salah satu teknik dalam melakukan olahraga lompat tali atau skipping. Simak penjelasan berikut ini.
  • Pastikan panjang tali skipping yang Grameds miliki telah sesuai dengan tinggi tubuh untuk melakukan jangkauan dengan mudah.
  • Gerakkan pergelangan tangan Grameds memutar ke arah belakang, lalu putar tali secara optimal.
  • Pastikan kedua telapak tangan kamu memegang tangkai skipping dengan sempurna.
  • Lakukan gerakan mengangkat kaki secara bersamaan jika ingin melakukan lompatan skipping.
  • Mulai lakukan gerakan dengan benar, kemudian posisikan kedua lengan Grameds ke atas kepala, dan lakukan kurang dari 45 menit.
  • Pastikan lompatan yang kamu lakukan tidak terlalu tinggi dari lantai.
  • Luruskan pandangan ke depan dan fokus saat melakukan lompatan.
  • Setelah selesai melakukan olahraga skipping, disarankan meminum air mineral.

Lalu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan skipping? Sebenarnya tak ada batasan waktu khusus untuk melakukan olahraga skipping.

Berapa lama waktu yang diperlukan dapat disesuaikan dengan tujuan dan gaya hidup yang kamu jalani. Mengapa? Karena ada sebagian orang yang memilih melakukan olahraga skipping untuk menjadi lebih sehat dan sebagian orang lainnya memilih olahraga ini untuk menguruskan badan.

Sama halnya dengan lari atau jalan kaki, olahraga skipping cukup kamu lakukan selama 30-150 menit setiap minggunya. Bisa dikatakan kamu cukup melakukannya maksimal 30 menit setiap hari.

Perlu diingat olahraga ini bisa kamu lakukan dengan diselingi hari istirahat selama dua hari untuk menurunkan berat badan sekaligus membuat tubuh menjadi lebih sehat. Lompat tali atau skipping tergolong sebagai olahraga sederhana dan dapat dilakukan di mana saja.

Meski tergolong sederhana, dalam melakukan olahraga skipping juga membutuhkan konsentrasi yang bertenaga agar kalori yang terbakar lebih banyak. Lakukan skipping dengan teknik yang benar untuk menghindari risiko cedera dan kaku.

Ada berbagai variasi latihan skipping yang tidak sulit untuk dilakukan. Grameds hanya perlu memulai dari gerakan dasar dan gerakan turunannya. Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai variasi latihan yang dapat kamu lakukan dengan menyenangkan.

bersambung:

Sumber : https://www.gramedia.com/literasi/skipping/


Comments

Popular posts from this blog

Prakiraan Kalender Pendidikan 2013 / 2014

7 Kondisi Tangan yang Menandakan Gejala Penyakit

Selamat Milad @fariza_47