Manfaat Skipping Bagi Kesehatan

         Setelah memahami teknik dan variasi latihan skipping, kini saatnya Grameds mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan melalui olahraga skipping. Jika Grameds melakukan olahraga ini dengan benar, kamu bisa menuai banyak manfaat olahraga skipping bagi kesehatan. Meski skipping adalah olahraga yang sederhana dan mudah dilakukan, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan melalui olahraga skipping.

1. Membakar kalori

      Gerakan dasar skipping hanya perlu dilakukan dengan melompat sesuai irama putaran tali. Skipping yang memaksakan tubuh untuk terus melompat dalam beberapa waktu dapat membantu kamu membakar kalori dalam tubuh.

Kalori yang terbakar akan semakin banyak jika kamu melakukannya lebih lama. Jika Grameds melakukan skipping dalam waktu 10 menit setiap sesi, kamu dapat membakar sekitar 300 kalori dalam tubuh.

2. Membentuk otot

    Skipping sebagai olahraga fisik dapat membentuk banyak otot di tubuh tanpa kamu sadari. Hanya dengan melakukan skipping, kamu bisa membentuk otot dengan mudah. Menarik, bukan? Otot kaki menjadi salah satu otot yang paling banyak terlatih dalam melakukan skipping.Selain itu, otot lengan juga akan bekerja sama dalam melakukan putaran tali skipping. Kemudian otot perut akan membantu kamu melompat, menahan, dan melakukan gerakan selanjutnya.

3. Tubuh menjadi bugar dan lentur

    Selain membakar kalori dan membentuk otot, olahraga skipping dapat membuat tubuh kamu menjadi bugar dan lentur. Mungkin Grameds akan mengira olahraga skipping atau lompat tali adalah olahraga yang monoton. Gerakan skipping memang terkesan monoton karena kamu hanya akan melompat mengikuti irama tali yang berputar. Namun, di balik itu semua Grameds akan merasakan tubuh semakin bugar, lentur, dan tidak lemas lagi setelah melakukan olahraga skipping.

4. Menyehatkan kardiovaskular

    Olahraga skipping akan membantu detak jantung kamu bekerja dengan baik. Sistem kardiovaskular kamu akan lebih bagus dengan menjalankan olahraga yang satu ini.

Setelah itu, aliran darah akan mengalir lebih lancar ke seluruh tubuh. Olahraga skipping juga dapat membantu kamu mencegah risiko penyakit mematikan, seperti hipertensi, jantung, dan gula darah berlebih.

5. Meningkatkan sistem koordinasi

    Melakukan satu gerakan berputar dengan tangan dan melakukan gerakan melompat dengan kaki akan membantu kamu meningkatkan sistem koordinasi pada tubuh. Kunci melakukan olahraga skipping ialah fokus dan konsentrasi.

Jika Grameds melakukan olahraga skipping dengan tidak fokus, gerakan yang kamu lakukan tidak akan berlangsung lama. Rutin melakukan olahraga skipping dapat membantu koordinasi bagian-bagian tubuh menjadi lebih baik.

6. Mengurangi cedera kaki

    Menu skipping kerap muncul pada setiap latihan olahraga atlet. Mengapa? Olahraga skipping akan membantu kamu mengurangi cedera pada kaki, khususnya untuk atlet basket, sepak bola, dan tenis. Kamu dapat menghindari salah melangkah saat berolahraga dengan koordinasi kaki yang baik.

7. Meningkatkan kepadatan tulang

    Rutin melakukan olahraga skipping mulai sekarang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurasi risiko tulang keropos. Olahraga skipping dapat membuat tulang kamu bekerja lebih banyak dan menyerap nutrisi lebih banyak melalui asupan makanan. Selain itu, Grameds juga perlu mengonsumsi kalsium dari minum susu dan makan telur untuk meningkatkan kepadatan tulang.

8. Melatih pernapasan

    Gerakan terus-menerus dalam olahraga skipping menuntut kamu menjaga napas untuk bisa melakukannya lebih panjang. Rutin melakukan olahraga skipping dapat membantu kamu melatih pernapasan yang lebih panjang.

9. Meningkatkan kecerdasan

    Selain melatih pernapasan, percaya atau tidak olahraga skipping akan membuat kamu menjadi lebih pintar. Manfaat lain dari olahraga ini dapat membantu meningkatkan perkembangan otak dan kecerdasan spasial kamu. Kemudian, olahraga skipping juga dapat meningkatkan memori otak dan membuat daya tahan otot menjadi lebih baik.

10. Membuat tenang

    Manfaat lain dari olahraga skipping ialah membuat tenang karena otot dan tubuh dilatih secara bersamaan. Olahraga skipping atau lompat tali dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih luwes dan tenang untuk melakukan banyak hal.

11. Menjaga kesehatan kulit

    Berolahraga dapat menjadi salah satu rahasia memiliki kulit yang sehat dan cantik. Sebagian besar orang mungkin tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga di pusat kebugaran. Namun, olahraga skipping atau lompat tali dapat kamu lakukan dengan mudah di mana pun dan kapan pun kamu mau.

Latihan skipping selama 15-30 menit sehari akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu, Grameds bisa mendapatkan manfaat lainnya dari olahraga skipping, seperti memproduksi nutrisi untuk kulit dan membuang racun melalui keringat.


https://www.gramedia.com/literasi/skipping/

Comments

Popular posts from this blog

Prakiraan Kalender Pendidikan 2013 / 2014

7 Kondisi Tangan yang Menandakan Gejala Penyakit

Selamat Milad @fariza_47