Teh Hitam Atasi Darah Tinggi dan Diabetes

End_$-  Beberapa penelitian mengatakan bahwa Teh bermanfaat untuk kesehatan. Teh hitam, sebagai contohnya memiliki banyak manfaat kesehatan.
Teh hitam (seperti teh hijau) dipetik dari sebuah tanaman yang disebut camellia sinensis. Daun teh hitam direndam sedemikian rupa sehingga memberikan warna hitam pekat ketika dibuat sebagai minuman. Selain itu, teh hitam memiliki kandungan kafein yang rendah, sehingga baik untuk sirkulasi tubuh.

Fluoride juga adalah kandungan lain dari teh hitam yang bermanfaat untuk kesehatan mulut dan tulang. Teh hitam mengandung flavonoid yang juga ditemukan di dalam apel. Tidak seperti teh hijau, teh hitam sekali diproses maka semua kandungan antioksidannya akan hilang. Teh hitam tidak hanya menolong melawan bakteri tapi juga menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Seperti yang diketahui semua orang, meminum teh membuat tubuh terhidrasi. Sehingga meminum teh hitam bisa melembutkan kulit. Teh hitam juga menyeimbangkan level hormon, sehingga efektif melawan stres. Si hitam kental ini juga memiliki kandungan anti peradangan dan juga menjaga kesehatan pencernaan.

Teh ini bisa mengurangi resiko stroke karena mampu menyeimbangkan level kolesterol.

Sebuah artikel yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengklaim bahwa minum teh hitam cukup efektif untuk menurunkan variasi tekanan darah. Para ilmuwan yakin kandungan dalam teh hitam, bukan kafein, berdampak positif pada penurunan tensi.

Perbedaan antara teh hitam dan teh jenis lainnya adalah teh hitam lebih teroksidasi karena fermentasi daunnya lebih lama. Sebelumnya teh hitam juga diketahui mampu meningkatkan kewaspadaan, mencegah penyakit Parkinson, dan mengatasi pengerasan arteri.

Atasi Darah Tinggi
Untuk mengetahui efek teh hitam terhadap tekanan darah, tim peneliti dari Australia melakukan eksperimen yang melibatkan 111 pria dan wanita yang menunjukan gejala pra-hipertensi. Para partisipan ditanyai kebiasaan minum teh perhari dan sudahkah memonitor tensi darah sampai 3 kali dalam kurun waktu 6 bulan.

Hasil penelitian menunjukkan, minum tiga cangkir teh hitam setiap hari mampu menurunkan variasi tekanan darah sampai 10 persen. Efek minum teh hitam terlihat setelah satu hari dan terus berlanjut dalam enam bulan kebiasaan itu dilakukan.

Selain rajin minum teh hitam, para ahli menyarankan agar orang yang tensi darahnya mulai tinggi untuk rutin memeriksakan dirinya ke dokter. Menjaga pola makan dengan lebih banyak mengasup buah dan sayur, mengurangi stres, serta membatasi konsumsi alkohol dan garam, juga membantu menurunkan tekanan darah.

British Medical Journal, mengungkapkan bahwa konsumsi teh dalam jumlah besar dapat mengurangi obesitas. Penelitian terbaru menggunakan data dari 50 negara. Tujuannya, untuk melihat kaitan konsumsi teh hitam tertinggi di beberapa negara tersebut dengan penurunan sindrom metabolik atau obesitas. Penelitian ini dibawahi oleh Dr. Ariel Beresniak dari Data Mining International yang berpusat di Geneva, Switzerland.

Cegah Diabetes
Proses fermentasi membuat teh hitam memiliki flavanoid, yang sangat bagus untuk kesehatan. Proses ini juga membuat teh hitam mempunyai khasiat lebih untuk ‘melawan’ lemak. Kandungan theaflavin dan thearubigins yang dapat ‘meniru’ insulin terbukti dapat mengurangi kadar glukosa darah.

Teh hitam mengandung polisakarida, yang terdiri dari selulosa dan pati. Polisakarida dapat memperlambat penyerapan glukosa. Penlitian menunjukkan, polisakarida dalam teh hitam adalah inhibitor yang paling efektif untuk menyerap glukosa, dibandingkan jenis teh lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa warga di tiga negara dengan tingkat penderita diabetes terendah ternyata mengonsumsi setidaknya 2 kg teh hitam setiap tahunnya. Negara-negara tersebut adalah Irlandia, Inggris dan Turki.

Sedangkan tiga negara lain yang mengonsumsi teh hitam dalam jumlah rendah, ternyata memiliki jumlah penderita diabetes yang lebih banyak. Negara-negara tersebut adalah Brasil, Maroko dan Meksiko


Popular posts from this blog

Prakiraan Kalender Pendidikan 2013 / 2014

7 Kondisi Tangan yang Menandakan Gejala Penyakit

Selamat Milad @fariza_47