Berapa Jam Tidur Anak Yang Bisa Mencerdaskan?


End_$ - JERMAN - Dokter spesialis anak Jerman Hans Jürgen Nintvic menegaskan bahwa tidur yang cukup memberi  kontribusi meningkatkan kemampuan seorang anak untuk mengumpulkan informasi dan mencerdaskan. Sebab pada saat tidur, otak memproses hal-hal yang telah dipelajarinya sepanjang hari.

Nintvic  yang juga anggota dari Asosiasi Dokter Anak dan Remaja di Jerman menyampaikan hasil penelitian terbaru yang dilakukan di University of Tübingen Jerman terhadap sekelompok anak-anak antara usia 8 hingga 11 tahun.

Dia menekankan bahwa tidur yang cukup tidak hanya membantu untuk menguatkan informasi yang dipelajari oleh anak pada siang harinya, bahkan juga bekerja untuk memfasilitasi proses pembelajaran berikutnya.  Informasi yang telah dihimpun menjadi tertata dalam otak dengan cara yang memungkinkan otak melakukan penyerapan informasi baru. Kondisi seperti ini merupakan  karakter otak anak-anak yang tidak terjadi pada orang dewasa.

Dilaporkan oleh Aljazeera, para peneliti di University of Tuebingen bahwa proses pengolahan dan penataan informasi di otak anak terkait dengan tahapan tidur nyenyak. Karenanya, Nintvic  berharap para orang tua untuk memberikan kebutuhan anak terhadap kecukupan waktu tidur. Menurutnya, kedisiplinan waktu kapan anak harus ada di tempat tidur, sangat membantu anak untuk bisa memenuhi waktu tidur yang  cukup.

Tingkat cukup tidur untuk anak-anak sesuai dengan usia mereka. Nintvic  menunjukkan bahwa anak-anak perlu waktu antara 11 sampai 13 jam sehari untuk tidur pada usia TK.  Sementara anak-anak pada usia sekolah membutuhkan waktu untuk tidur selama 10 sampai 11 jam. Dan untuk anak usia remaja, sebaiknya tidak kurang dari 9 jam sehari. (LNA)



sumber :  http://tajuk.co/2013/05/berapa-jam-tidur-anak-yang-bisa-mencerdaskan/

Popular posts from this blog

Prakiraan Kalender Pendidikan 2013 / 2014

7 Kondisi Tangan yang Menandakan Gejala Penyakit

Selamat Milad @fariza_47