Cara Menghambat Bakteri dalam Tubuh

Kecilnya ukuran bakteri terkadang membuat seseorang mengabaikan, bahkan menganggapnya sepele. Padahal, saat daya tahan tubuh lemah, bakteri yang merupakan bagian dari mikroba ini akan cepat beraksi di tubuh.
Bakteri ini tidak saja menjadi penyebab flu, atau batuk yang dianggap sebagai golongan penyakit ringan, tapi juga penyakit serius seperti gangguan paru-paru dan peradangan pada otak.
"Bakteri yang merupakan bagian mikroba ini ukurannya memang kecil, 1 mm hingga 1/1.000 mm. Mikroba yang paling kecil yaitu virus, kuman, dan bakteri. Sedangkan yang besar, contohnya cacing atau parasit. Bentuk mikroba pun bermacam-macam, bulat, batang, atau spiral," ucap pakar kesehatan dari PERMI-FKUI, Anis Karuniawati Sp. MK, yang ditemui di acara workshop dengan tema "Healthy Home, Happy Family".
Anis menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, mengingat bakteri dapat hidup di mana pun. Bakteri dapat hidup di tanah, air, udara, makanan, kulit, dan tubuh manusia serta binatang.
Banyaknya bakteri yang tersebar, biasanya ditentukan dengan sistem ventilasi ruangan, perputaran udara dari AC, debu yang menempel, dan manusia itu sendiri. Terlebih saat seseorang mengalami luka terbuka. Bakteri dapat berpindah saat seseorang berbicara, batuk atau bersin, pun melalui makanan.
Beruntung jika bakteri yang hinggap di tubuh merupakan bakteri sementara, atau transien. Jenis bakteri ini akan hilang atau mati hanya dengan respons imun tubuh dan mencuci tangan dengan sabun.
Namun, tidak demikian dengan bakteri residen, yang akan terus menetap dalam tubuh. Bakteri ini memerlukan penanganan medis lebih lanjut. Untuk meminimalkan paparan bakteri, seseorang sebenarnya dapat mengandalkan sinar ultraviolet. Karenanya, biasakan membuka jendela agar sinar matahari dapat masuk, selain pergantian udara yang sehat.
Selain itu, bakteri dapat musnah dengan pemanasan suhu tinggi atau boiling, dan penggunaan suhu rendah beberapa kali atau yang dikenal dengan pasteurisasi. Anda juga dapat menggunakan bahan kimia desinfektan untuk melakukan sterilisasi. (art)

Popular posts from this blog

Prakiraan Kalender Pendidikan 2013 / 2014

7 Kondisi Tangan yang Menandakan Gejala Penyakit

Selamat Milad @fariza_47