Cara Membersihkan Keyboard Laptop


End_$- Keyboard pada laptop amat penting fungsinya, bila papan ketik ini rusak, untuk memperbaikinya tidak semudah keyboard pada PC. Padahal keyboard adalah bagian dari laptop yang paling sering kotor. Kotoran seperti minyak dan debu pada keyboard laptop kadang susah untuk dibersihkan karena banyak celah-celah sempit yang membuat kotoran terjebak. Untuk memperpanjang usia pakai laptop dan tentunya membuat laptop Sobat terlihat lebih bersih, tidak ada salahnya Sobat lakukan pembersihan secara berkala. Berikut ini cara mudah bersihkan keyboard laptop:

1. Pertama matikan laptop Sobat dan cabut semua alat yang menancap seperti adaptor, mouse, flashdisk, dsb.

2. Selanjutnya, angkat laptop Sobat dengan keyboard menghadap ke bawah. Pukul belakang laptop Sobat dan goyangkan dengan lembut agar kotoran yang terhimpit bisa keluar dan jatuh ke bawah. Lakukan dengan hati-hati agar laptop tidak jatuh.

3. Ambil sendok dan bungkus ujung gagang sendok dengan kain basah. Peras kain agar tidak menetes dan gosokkan ujung gagang sendok pada sela-sela tombol keyboard. Proses ini akan melepaskan debu dan kotoran yang masih menempel pada sela-sela keyboard.

4. Sekarang, ambil penyedot debu dan gunakan ini untuk menyedot sisa debu yang masih terjebak di sela-sela tombol. Sobat juga bisa menggunakan pengering rambut, tapi pastikan kotoran tidak jatuh lagi ke dalam keyboard.

5. Kini keyboard Sobat sudah bersih dan siap pakai. namun, bila Sobat rasa keyboard Sobat masih kurang bersih, Sobat bisa membongkarnya. Namun hal ini tidak disarankan karena selain lebih repot, hal buruk bisa terjadi bila Sobat bukan ahlinya.

6. Cari tahu apakah jenis laptop Sobat adalah jenis laptop yang keyboardnya bisa di bongkar dengan mudah. Bila Sobat sudah yakin, cari tahu caranya dan lepaskan keyboard Sobat dari laptop, simpan di tempat yang aman. Gunakan obeng gepeng untuk mencungkil keyboard, lakukan dengan lembut.

7. Selanjutnya, basahi kain lap dengan cairan yang mudah menguap seperti alkohol dan bersihkan dudukan keyboard yang ada di laptop.

8. Setelah kering, pasang kembali keyboard pada laptop. Umumnya ada keyboard dengan dudukan metal dibelakangnya, sehingga mudah dipasang dengan menggeserkan keyboard langsung ke dudukannya. Namun ada juga yang tidak memiliki dudukan metal sehingga Sobat harus menekan sudut-sudut pada keyboard agar tombol-tombolnya pas masuk ke dalam.

Kini keyboard laptop Sobat sudah benar-benar bersih, lakukan ini secara berkala atau saat Sobat rasa keyboard Sobat butuh pembersihan. Selain gaya pemakaian yang lembut, pembersihan secara berkala juga akan memperpanjang usia pakai keyboard.( sumber )

Popular posts from this blog

Prakiraan Kalender Pendidikan 2013 / 2014

7 Kondisi Tangan yang Menandakan Gejala Penyakit

Selamat Milad @fariza_47