Inikah Cara Jitu untuk Promosi Diri?

Wajah rupawan tak cukup dijadikan andalan untuk meraih popularitas.

End_$- Dunia hiburan tanah air berkembang pesat. Para artis pun hidup bergelimang harta dan kemewahan serta popularitas. Hal ini membuat banyak orang tergiur untuk menjadi artis dan terkenal. Namun, tak mudah untuk menembus dunia hiburan tanah air.

Wajah cantik, tampan, dan bakat, tidak cukup dijadikan andalan untuk menembus ketatnya persaingan di dunia entertainment. Tak jarang, para calon artis memutar otak agar bisa dikenal dan menjelma menjadi bintang ternama.

Demi mewujudkan impian menjadi idola, akhirnya, berbagai cara digunakan agar terlihat publik dan paling bersinar. Mulailah mereka mencari senjata atau cara untuk bisa eksis di dunia hiburan tanah air.

Mulai dari penampilan eksentrik, berbicara dengan logat daerah yang kental, hingga jargon-jargon unik dan menggemaskan. Setidaknya, itulah fenomena yang terjadi di dunia artis belakangan ini.

Untuk membuat dirinya mudah diingat publik, para artis berusaha menciptakan ciri khas masing-masing dari penampilan mereka. Seperti yang dilakukan veverapa artis ini.

Kartika Putri
Bintang Pesbukers bertubuh seksi ini mengaku namanya semakin berkibar di dunia artis berkat logat Tegal yang kental. Padahal, ia sudah memulai karier sejak remaja sebagai bintang sinetron. Namun, namanya tidak terlalu terdengar.

Ia pun tidak menolak, logat Tegal yang selalu ditampilkannya di berbagai acara menjadi trade mark dirinya di panggung hiburan. "Kalau sekarang iya. Aku suka dengan gayaku saat ini. Bukan suatu hal yang direncanakan, kalau jadi menarik aku anggap positif," kata Kartika saat ditemui VIVAlife, di Studio Antv, Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

Kartika terlihat fasih dan cukup percaya diri dengan penampilannya tersebut. Ia bersyukur, logat Tegal itu membawa berkah tersendiri untuknya. "Logat Tegal menjadi caraku mendapatkan rezeki," ujarnya.

Kartika mengaku dirinya mendapatkan logat Tegal itu tidak sengaja. Hal itu lantaran ia sering berbicara dengan pembantunya di rumah. Logat Tegal pembantunya, membuat Kartika tertarik. Ia pun mulai menggali dan berlatih untuk bisa berbicara dengan logat daerah itu. "Mama suka tertawa, kalau melihat aku ngomong dengan logat Tegal. Aku lancar banget ngomongnya," ujar Kartika.

Sejak saat itu, ia mulai memberanikan diri untuk tampil melawak dengan gaya barunya tersebut. Namun, ia mengaku ketika itu masih malu-malu. "Waktu dulu masih belum pede (percaya diri). Muncul di acara komedi dan banyak yang support aku untuk pakai logat Tegal, keterusan deh," ujarnya.

Syahrini
Jika Kartika memilih logat Tegal untuk menjadi senjata andalannya, berbeda dengan Syahrini. Mantan rekan duet Anang ini semakin eksis di blantika musik tanah air sejak dirinya berhasil menciptakan jargon-jargon unik dan lucu.

Syahrini selalu punya cara untuk membuat penggemarnya selalu mengingat dirinya. Berbagai kata-kata berhasil dipopulerkan pelantun Kau Yang Memilih Aku ini. Sebut saja kata 'Sesuatu' yang heboh di tahun 2011 lalu. Kemudian dengan gaya dandanannya yang sempat terkenal, 'Jambul Khatulistiwa' hingga 'Jambul Gorong-Gorong Casablanca'.

Ia pun selalu menghadirkan kata-kata baru untuk menyenangkan penggemarnya. Saat ini, Syahrini sedang mempopulerkan kata 'Cetar Membahana Badai Halilintar'.

Walaupun menolak jika jargon-jargon khususnya itu untuk menjaga nama besarnya di industri hiburan tanah air, Syahrini tidak memungkiri dirinya senang karena hasil karyanya disukai publik.

"Ya bersyukur aja. Dalam artian kalau aku berkunjung ke daerah manapun, mereka selalu mengapresiasi apa yang keluar dari mulutku," ujarnya sambil tertawa saat ditemui di bilangan Condet, Jakarta Timur.

Mendapatkan pujian dari masyarakat berkat kata-kata uniknya, membuat Syahrini bangga. Ia merasa tidak sia-sia karena mendapatkan dukungan dari masyarakat. "Mengalir natural aja, aku nggak ada masalah kalau akhirnya diikuti masyarakat luas," ujarnya.

Tak ingin kata-kata itu menjadi sia-sia, Syahrini menjadikan jargon tersebut untuk judul lagu. Sebut saja lagu Sesuatu, ciptaan Charlie Van Houten. Bahkan, ia berencana untuk membuat lagu dengan judul Membahana Badai Halilintar.

"Membahana Badai Halilintar, belum ada kan ya? Itu dari pengucapanku sehari-hari," ujarnya sambil tertawa.

Bukan hanya itu, ia juga menuturkan banyak komposer lagu yang tertarik menciptakan lagu berjudul Cetar, seperti yang selama ini menjadi 'tagline' Syahrini.

Semua kata-kata yang keluar dari mulutnya, didapatkan tanpa sengaja. Semua terjadi begitu saja. "Ini bahasa sehari-hari saja. Nggak ada inspirasi dari mana-mana, keluar begitu saja. Aku juga heran kalau akhirnya diikuti masyarakat," ucapnya.

Tak hanya itu, tagline yang keluar dari mulutnya dengan lancar itu, juga terkenal di luar negeri. Syahrini mendapat julukan dari sejumlah warga asing yang ia temui saat keluar negeri. "Kalau keluar negeri selalu memanggil aku Mbak Sesuatu bukan Mbak Syahrini. Sekarang ganti lagi, jadi Mbak Cetar."

Zaskia
Lain Syahrini, berbeda pula dengan Zaskia si Goyang Itik. Pedangdut ini menjadi populer berkat goyangan tersebut. Goyang Itik tak hanya membuat namanya dikenal publik, tetapi juga membawa perubahan drastis dalam kehidupan pedangdut berambut panjang ini.

Dari orang biasa, Zaskia menjadi sosok yang dielu-elukan. Ia yang biasanya naik kendaraan umum, kini mulai terbiasa dengan mobil dan sopir pribadi.

Ia tak lagi berdandan sendiri. Manajemen telah menyediakan Zaskia asisten dan penata gaya. Zaskia tinggal konsentrasi untuk penampilannya di panggung. Ia sangat mensyukuri apa yang telah diraihnya saat ini. "Sudah jadi ciri khas saya, dan saya terus bergoyang itik untuk mencari rezeki," ujarnya.

Zaskia yang menjadi tulang punggung keluarga ini juga mampu membelikan orangtuanya rumah mewah. Ia mengaku mendapatkan Goyang Itik juga tanpa disengaja. Sejak menyanyi dari kampung ke kampung, dirinya sudah menarikan goyangan tersebut.

Goyangan tersebut ia pelajari secara otodidak. "Awal manggung aku sudah pakai goyangan itu. Goyangannya lucu tapi belum ada namanya," ucapnya.

Setelah memiliki single dan sering tampil di televisi, Zaskia baru memikirkan nama untuk goyangannya. "Namanya dari fans dan kata teman-teman kasih nama Goyang Itik saja. Ya mungkin rezekinya di situ," ujarnya.

Pilihan nama itu memang membawa keberuntungan tersendiri untuk Zaskia. Ia pun dikenal sebagai Zaskia Gotik (Goyang Itik) Sumber.

Popular posts from this blog

Cara Bergaul yang Baik Agar Anda Punya Banyak Teman

Selamat Milad @fariza_47